Pemilihan Bamus Nagari Sasak Sukses Digelar

SIMPANG AMPEK – Sebanyak sembilan orang anggota Badan Permusyawaratan (Bamus) Nagari Sasak periode 2022 – 2028 terpilih dan ditetapkan.

Pemilihan anggota Bamus tersebut sukses digelar pada tanggal 14 – 16 Desember 2021 lalu. Dari sembilan yang terpilih, satu orang diantaranya merupakan anggota Bamus keterwakilan perempuan.

Pj. Walinagari Sasak, Rahmad Indra Putra didampingi Pj. Sekna, Dedet Darmansyah, SE dan Kasi Pemerintahan Nagari Sasak,Lindo Nugraha Martha, S.Tp kepada media ini mengatakan, pemilihan Bamus Nagari Sasak terlaksana secara aman, tertib dan lancar.

Adapun pemilihan dilaksanakan dengan sistim Daerah Pemilihan (Dapil), yakni sebanyak 4 Dapil. Yaitu, Dapil I Nagari Persiapan Padang Harapan (Jorong Sialang dan Jorong Pisang Hutan), dapil II Nagari Sasak/Nagari Induk (Jorong Padang Halaban, Jorong Bandar Baru dan Jorong Rantau Panjang), Dapil III Nagari Persiapan Ranah Pasisie(Jorong Pondok dan Jorong Pasa Lamo damn Dapil IV Nagari Persiapan Maligi (Jorong Pantai Indah, Jorong Suka Damai, Jorong Suka jadi dan Jorong Padang Jaya).

Kemudian setiap Pemilihan dilaksanakan secara musyawarah yang dihadiri oleh 5 unsur di masing-masing kejorongan, unsur ninik mamak, unsur bundo kanduang, unsur pemuda, unsur cadiak pandai dan unsur alim ulama.Dan musyawarah Calon Bamus dipilih secara Voting sesuai jumlah undangan yg hadir.

Sementara keterwakikan perempuan dipilih oleh Unsur perempuan di Nagari Sasak, diantaranya . Unsur PKK, Unsur Bundo Kanduang dan Organisasi Perempuan lainya.

“Masing-masing Dapil Memiliki jatah anggota Bamus sebanyak 2 orang, jadi totalnya 8 anggota Bamus ditambah keterwakilan Perempuan 1 orang,” katanya.

Dia sampaikan, dari total 31 pendaftar calon anggota Bamus Nagari Sasak termasuk keterwakilan perempuan maka yang terpilih yakni, dari Dapil I, Khairul, Doni Oktaria, Dapil II, Lenggo Putra, M. Rangga, Dapil III, Hendra P Gunawan, Pasrial, Dapil IV, Basri, Nerwan dan keterwakilan perempuan terpilih, Rahma Yani.

Dia tambahkan, dalam pemilihan kali ini, 4 Dapil melaksanakan pemilihan secara voting dari keterwakilan 5 unsur diatas. Sedangkan pada Dapil IV yakni Nagari Persiapan Maligi pemilihan dilaksanakan secara demokratis. Seluruh masyarakat setempat yang sudah berumur 17 tahun keatas memiliki hak suara yang dibuktikan dengan KTP atau KK.

“Hanya disatu Dapil itu yang pemilihannya secara demokratis, tiga Dapil lainnya secara voting dari keterwakilan 5 unsur sesuai jumlah undangan yang hadir,” katanya.

Degan telah terpilihnya anggota Bamus Nagari Sasak yang baru, serta suksesnya digelar perhelatan tersebut, Rahmat Indra Putra mengucapkan syukur dan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Panitia Pemilihan (Pamil) yang telah bekerjakeras mewujudkan pemilihan Bamus Nagari Sasak. Ia juga mengucapkan selamat kepada anggota Bamus terpilih.

“Tentu keberhasilan ini tidak terlepas dari dukungan semua unsur di Nagari Sasak, masyarakat setempat, perangkat nagari serta panitia pmilihan yang telah berjibaku, bekerja sehingga terlaksana dengan baik, aman dan lancar pemilihan Bamus Nagari Sasak periode 2022 – 2028,” ujarnya.

Adapun mereka yang menjadi panita pemilihan Bamus Nagari Sasak yakni, Martias (ketua), Antoni (sekretaris), Elpis Suheri, Arman, Amri, Edy Warman, Tomas, Febra Fauzi, Nanda Novita, Lindo Nugraha Martha dan Atim Taimah.