Perda MARS Sumbar Pertama di Indonesia

Konsultasi Akhir Ranperda Mars Sumatera Barat Komisi V DPRD Provinsi Sumatera Barat dengan Kemendagri Jakarta 28 Desember. Yulizal Yunus Tim Ranperda Disbud mendampingi.

Catatan Dr. YY Datuk Rajo Bagindo

Sumbar bakal menjadi provinsi pertama memiliki Perda Mars. Ranperdanya sudah memasuki konsultasi akhir di Kemendagri 28 Desember, adalah spektrum 2021 yang tersisa dalam hal pemajuan kebudayaan yang patut dicatat dalam aspek propemperda Sumatera Barat.

Fenomena hal yang tersisa ini, menyusul prestasi bidang kebudayaann, di samping bertambahnya jumlah Warisan Budaya Tidak Benda (WBTB) Sumatera Barat di Tingkat Nasional dicatat Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya (DITWDB) serta tiga prestasi Minangkabau, Sumatera Barat lainnya di tingkat dunia.

Prestasi tingkat dunia Sumatera Barat itu ditulis viral oleh mantan Mendagari Gamawan Fauzi Dt. Sati dan juga ditulis Novelis Sejarah Wartawan Senior Khairul Jasmi.

Tiga prestasi Sumbar itu: (1) kuliner anti kolesterol dan terlezat di dunia yakni Randang, (2) desa/ nagari terindah di dunia versi Budget Travel AS adalah Nagari Pariangan Tanah Datar, bersanding Desa Eze di Prancis, Desa Wengen di Swiss lainnya, dan (3) desain arsitektur Masjid Raya Sumatra Barat yang paling unik di dunia yang digagas masa Gubernur Gamawan Fauzi, satu di antara 7 masjid terunik dunia terpilih dari kompetisi internasional ke-3 di Madinah menghadirkan 201 masjid pada 43 negara di dunia, diselenggarakan Abdullatif al-Fozan.

Spektrum yang menarik seperti disebut di penghujung tahun 2021 tadi, Ranperda Mars Sumatera Barat mendapat pujian dan respon salut dari Menteri Dalam Negeri RI diwakili Direktur Produk Hukum Kemendagri Makmur Marbun.

Respon positif itu dinyatakan langsung Direktur Marbun didampingi Endarto dan Kunia di Kantornya di Jakarta 28 Desember 2021, dalam event konsultasi akhir Komisi V DPRD Provinsi Sumatera Barat.

Konsultasi dipimpimpin Ketua Muchlis Yusuf Abit dan sektretaris Maigus Nasir beserta anggota didampingi Kepala Dinas Kebudayaan Sumatera Barat diwakili Kepala UPT Taman Budaya Hendri Fauzan dan Sexri Budman beserta 3 anggota tim Naskah Akademik dan Ranperda itu.

Direktur Marbun: Segera release Perda Mars Sumbar

Direktur Marbun mengamanatkan, Ranperda Mars ini menurut catatannya, satu di antara 17 Ranperda yang dibahas DPRD Provinsi Sumatera Barat, tahun 2021. Ia berharap semua Ranperda ini ada prioritas dapat segera diselesaikan dan direlease dengan baik, dan jangan ada menjadi beban daerah.

Mars Sumbar itu disebut Direktur Marbun sebagai bagian kepedulian Sumatera Barat dalam pengukuhan identitas daerahnya di samping dihargai sebagai upaya melengkapi lambang daerah.

Justru lambang daerah logo, bendera, lagu kebangsaan, saya cermati seperti juga lagu mars ini menyampaikan pesan semangat persatuan, semangat kedualatan, semangat kebangsaan, semangat ke-bhinnekatunggalika-an.