11 Staf Sekretariat DPRD Sumbar Dapat Penghargaan

Sekretariat DPRD Sumbar memberikan penghargaan untuk 11 staf pendamping sosialisasi peraturan daerah (sosper) terbaik.

PADANG – Sekretariat DPRD Sumbar memberikan penghargaan untuk 11 staf pendamping sosialisasi peraturan daerah (sosper) terbaik. Para staf ini dinilai tercepat, terlengkap dan akuntabel dalam melakukan pendampingan kegiatan sosper DPRD Sumbar yang dilaksanakan 17 hingga18 Juli 2023 lalu.

Penghargaan berupa bintang DPRD Sumbar tersebut diberikan sekretaris dewan (Sekwan) Raflis, Senin (21/8) saat apel pagi di pelataran Gedung DPRD.

Saat itu Raflis mengatakan, pemberian penghargaan Bintang DPRD Sumbar diberikan untuk mengapresiasi upaya, kerja keras dan keseriusan mereka sebagai staf.

“Penghargaan ini juga diharapkan bisa memotivasi dan memacu semangat seluruh staf Sekretariat DPRD Sumbar untuk meningkatkan kinerja,” ujarnya.

Raflis mengatakan upaya peningkatan kinerja sumber daya manusia (SDM) di sekretariat DPRD Sumbar mesti terus dilakukan. Terutama dalam memberikan pelayanan dan pendampingan kegiatan kedewanan sesuai aturan perundang- undangan yang berlaku.

“Ini salah satu inovasi baru dalam kegiatan pembinaan dan pengembangan SDM di lingkup sekretariat DPRD, yaitu reward dan punishment,” katanya lagi.

Inovasi ini, lanjut Raflis, juga merupaka. upaya peningkatkan kreatifitas dan produktifitas kinerja sekretariat, sehingga mesin administrasi berjalan sesuai dengan standar baik.

Raflis juga mengatakan, dari rapor kinerja semester I, Sekretariat DPRD Sumbar meneeima rapor hijau. Namun turun dari sebelumnya walau masih 10 besar. Hal ini, tambah dia, membutuhkan perhatian besar semua unsur sekretariat, terutama dalam percepatan pelaporan kegiatan.

“Rekomendasi rapor semesteran itu antara lain menyatakan masih rendahnya kinerja staf pendampingan kegiatan kedewanan dalam pelayanan keadministrasian. Kedua masih belum optimal kinerja staf sekretariat DPRD Sumbar dalam kontribusi produktifitas kegiatan,” katanya.

Ia berharap inovasi penghargaam Bintang DPRD Sumbar ini dapat menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan tanggung kawab, prestasi kerja dan kinerja pegawai DPRD Sumbar.

Kabag Persidang dan Perundang – undangan, Zardi Syahrir mengatakan dirinua diperintahan Sekwan untuk terus berinovasi dalam mendorong DPRD Sumber berkinerja baik. Terutama dalam memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan menggerakkan potensi sekretariat DPRD agar lebih produktif secara berkesinambungan.

“Inovasi penghargaan Bintang DPRD Sumbar ini adalah simbol semangat kerja setiap staf sekretariat untuk mengabdikan dirinya menjadi yang terbaik. Karena lembaga DPRD ini adalah lembaga besar yang hendaknya mampu memberikan kontribusi besar dalam kemajuan pembangunan daerah,” ujarnya. (W)