Agam  

Peserta Lomba Pancing Wisata Keluarga di BBI Gumarang Membludak

Peserta lomba maicng wisata 2019. (mursyidi)

LUBUK BASUNG – Peserta Lomba Pancing Wisata Keluarga 2019 di Balai Benih Ikan (BBI) Gumarang Kecamatan Palembayan, Minggu (29/12) membludak.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Agam Ermanto menjelaskan, peserta tidak saja dari berbagai daerah di Agam juga dari Pasaman Barat, Bukittinggi, dan Kerinci.

“Kegiatan ini merupakan iven perdana dalam melakukan hiburan disamping mengembangkan program gemar makan ikan bagi masyarakat, “katanya.

Dalam kegiatan ini panitia menetapkan tiga unit kolam dengan menyediakan ikan berpita merah, kuning dan biru. Sedangkan satu unit kolam lainnya hanya khusus memancing ikan saja akan tetapi tidak ada ikan yang berpita.

Ajang lomba ini dibuka sejak pukul 08.00 hingga 16.00 WIB dan bagi pemenang diberikan hadiah sesuai kriteria yang telah ditentukan, yaitu peserta yang berhasil memancing ikan yang memakai pita merah diberikan hadiah sebesar Rp500 ribu, pita kuning Rp300 ribu dan yang berpita biru berhadiah Rp200 ribu. Ke depan hal ini akan dijadikan salah satu agenda tahunan, khususnya di akhir tahun.

Direncanakan kawasan Balai Benih Ikan (BBI) seluas 4 hektar ini dilengkapi dengan taman bunga dan rumah peristirahatan bagi keluarga. Sehingga hasilnya berdampak positif bagi pengembangan objek wisata keluarga yang diinginkan.

“Kini setahap demi setahap kelengkapan sarana dan prasarana lokasi BBI ini yang representatif dan menyenangkan,” katanya.

Setidaknya untuk penyelesaian program ini dibutuhkan dana pembangunan kawasan sebesar Rp1 miliar.

Diharapkan potensi ini terus dikembangkan dan menjadi salah satu kawasan yang bisa mendatangkan pendapatan asli daerah (PAD) setiap tahun. (mursyidi)