Ribuan Warga Padati Peluncuran Tahapan Pilkada di Pasaman Barat

Pasbar – Ribuan warga memadati halaman Kantor Bupati Pasaman Barat (Pasbar) untuk menyaksikan acara peluncuran tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat pada Sabtu (22/6) malam.

Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Hamdan, menyampaikan bahwa peluncuran tahapan Pilkada di beberapa kabupaten/kota juga berlangsung pada hari yang sama, seperti di Sawahlunto dan Kota Bukittinggi.

“Dalam rangka menyongsong Pilkada pada 27 November 2024, kita juga akan melaksanakan pemungutan suara ulang khusus Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) pada 13 Juli 2024 mendatang. Dengan peluncuran tahapan Pilkada ini, masyarakat diajak untuk terlibat aktif dan menggunakan hak pilihnya, baik pada pemilihan DPD-RI maupun Pilkada mendatang,” kata Hamdan.

Ia menekankan pentingnya menghargai perbedaan pilihan dan menghindari isu serta berita hoaks yang dapat memecah belah masyarakat.

Sementara itu, Bupati Pasbar, H. Hamsuardi, menyatakan bahwa Pemda telah memberikan kontribusi dalam tahapan Pilkada 2024. Dia berharap masyarakat dapat berperan aktif dalam memberikan hak pilih mereka nantinya.

“Kita mengapresiasi KPU Pasbar serta seluruh lapisan masyarakat, dan diharapkan masyarakat nantinya dapat memberikan hak pilih mereka di Tempat Pemungutan Suara (TPS), sehingga usaha kita semua dalam mensukseskan Pilkada dan pemilihan ulang DPD-RI dapat tercapai,” ujar Hamsuardi.

Ia juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga kelangsungan Pilkada dengan baik dan menghindari pertikaian terkait perbedaan pilihan.

Ketua KPU Pasbar, Alfi Syahrin, menyebutkan bahwa Pasbar telah mengikuti Pemilu serentak pada 14 Februari 2024 dengan lancar, aman, dan damai tanpa kendala. Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang mendukung dan berpartisipasi memberikan hak pilihnya pada Pemilu 2024 lalu.

“Peluncuran tahapan Pilkada ini merupakan salah satu pengaplikasian tahapan Pilkada 2024. Kami berharap masyarakat Pasbar dapat berpartisipasi dan menggunakan hak pilihnya saat Pilkada nanti,” jelas Alfi Syahrin.

Alfi juga menghimbau agar masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemilih segera melapor kepada PPS, PPK, atau langsung ke KPU Pasbar untuk menyukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024.

“Kita menghimbau agar masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemilih melapor ke PPS, PPK, atau langsung ke KPU. Kami mengajak masyarakat untuk menjaga kerukunan dan kedamaian demi terlaksananya Pilkada Tahun 2024 secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil,” katanya.

Hadir dalam acara ini: Bupati Pasbar H. Hamsuardi, Ketua DPRD Erianto, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Provinsi Sumatera Barat Hamdan, dan Ketua KPU Pasbar Alfi Syahrin.(fat)