Target Progul Bajak Gratis Pemkab Tanah Datar Seluas 4.400 Hektar

Penyerahan bantuan bajak gratis pada  masyarakat Kecamatan Lima Kaum. (ist)
Batusangkar – Target bajak gratis sebagai Program Unggulan (Progul) Pemkab Tanah Datar tahun 2024 ini seluas 4.400 hektar untuk lahan sawah dan lahan kering.
“Untuk realisasi bajak gratis pada saat ini seluas 1.900 hektar atau 43 persen. Dan, untuk kecamatan Lima Kaum sendiri, targetnya sebesar 375 hektar dan terealisasi sebesar 139 hektar atau 38 persen,” kata Kepala Dinas Pertanian Tanah Datar Sri Mulyani.
Saat penyerahan bantuan bajak gratis pada masyarakat Kecamatan Lima Kaum dihadiri Bupati Eka Putra di aula kantor Wali Nagari Lima Kaum kemarin, Sri Mulyani berharap petani melakukan percepatan tanam mumpung kuatonya masih ada.
Menurutnya, penyerahan upah bajak gratis ditargetkan mampu membantu masyarakat dalam mengelola lahan pertaniannya secara maksimal.
Sementara, Bupati Eka Putra mengatakan penyerahan upah untuk layanan bajak gratis memiliki beberapa mekanisme dalam pelaksanaannya.
Kegiatan yang beranjak dari Progul ini diharapkan akan membawa dampak peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat.
“Progul dirancang untuk masyarakat, gunakanlah dengan semestinya. Dan, kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkotribusi dalam mesukseskannya. Semoga ini, membawa kebaikan bagi masyarakat Tanah Datar,” ujarnya.
Diutarakan Eka Putra selain program bajak gratis, masyarakat juga bisa memanfaatkan ansuransi tanaman padi.
“Setelah bajak gratis, masyarakat bisa mendaftar untuk ansuransi tanaman padi. Program ini, dirasa berguna bagi petani, maka perlu dimanfaatkan sebagaimana fungsinya,” ujarnya.
Sementara, Wali Nagari Lima Kaum Fadhli Tarmizi, mengucapkan terimakasih pada Pemkab karena telah memberikan upah bajak gratis ke sebagian besar masyarakatnya.
“Program bajak gratis sangat dibutuhkan masyarakat. Kami berharap program ini berlanjut sehingga manfaatnya terus dirasakan masyarakat nagari Lima Kaum,” ucapnya. (ydi)