Kemenag Santuni 500 Anak Yatim di Kota Pariaman

Pariaman – Kamenterian Agama (Kemenag) menyantuni 500 anak yatim di Kota Pariaman, dalam program “Lebaran Yatim, Berbagi Cinta Berlimpah Berkah” yang dilaksanakan serentak di seluruh indonesia.

Pemberian santunan ini dihadiri langsung, Staf Ahli Walikota Pariaman, Sadrianto, Kepala Kantor Kemenag Kota Pariaman, Rinalfi dan jajaran, Ketua Badan Amil Zakat (Baznas) Kota Pariaman, Zalman Zaunit, Kepala KUA se Kota Pariaman, Kepala Sekolah MI, MTs dan MA se Kota Pariaman serta perwakilan anak yatim penerima manfaat, di Aula Kantor Kemenag Kota Pariaman, Desa Air Santok, Kecamatan Pariaman Timur, Selasa (16/7).

“Atas nama daerah, kami mengapresiasi Kemenag Kota Pariaman, yang bekerjasama dengan Baznas, yang telah merealisasikan program santunan lebaran Yatim ini, adalah langkah nyata dalam meningkatkan ikatan sosial sebagai warga Kota Pariaman terhadap nasib anak yatim,” ujar Sadrianto.

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa Anak-Anak Yatim, adalah amanah dari Allah SWT, karena itu kita memiliki tanggung jawab untuk memberikan dukungan dan kasih sayang kepada mereka, dan dengan adanya acara ini, menandakan bahwa kita ada untuk mereka.

Staff Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setdako Pariaman juga berharap, dengan adanya Lebaran Yatim, Berbagi Cinta Berlimpah Berkah dari Kemenag ini, kiranya dapat menjadi momentum saling berbagi dan menebar kebaikan sehingga dapat menginspirasi banyak orang untuk peduli kepada sesama.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kota Pariaman, Rinalfi mengatakan bahwa dalam rangka bulan Muharram dan memperingati Hari Raya Yatama di 10 Muharram 1446 Hijriyah, Kementerian Agama Republik Indonesia mengajak Baznas dan LAZ di tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional, untuk menyalurkan santunan serta bantuan kepada anak yatim dan difabel.

Kegiatan Lebaran Yatim, Berbagi Cinta Berlimpah Berkah, merupakan kolaborasi dan sinergi antara Kementerian Agama, Baznas, dan LAZ dalam penyaluran santunan dan bantuan kepada yatim dan difabel serta Kick Off Program Pemberdayaan Zakat dan Wakaf (Kampung Zakat, KUA Pemberdayaan Ekonomi Umat dan Inkubasi Wakaf Produktif) dan Launching Program Kota Wakaf secara Nasional.

Ketua Baznas Kota Pariaman, Zalman Zaunit menuturkan bahwa pihaknya mempunyai berbagai program untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekaligus penanggulangan kemiskinan di daerah, melalui pendistribusian zakat yang telah dikumpul oleh Baznas.

“Ada 5 Program di Baznas Kota Pariaman, seperti Program Pariaman Cerdas, Pariaman Makmur, Pariaman Sehat, Pariaman Takwa dan terakhir Pariaman Peduli. Semoga zakat yang dikeluarkan oleh Baznas yang berasal dari zakat para ASN se Kota Pariaman dan para Muzaki, kiranya dapat bermanfaat hendaknya bagi mereka yang menerima,” tutupnya. (agus)