32 Lulusan MAN 2 Padang Panjang Diterima di Universitas Al Azhar, 3 di Maroko

PADANG PANJANG – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Padang Panjang kembali membuktikan diri sebagai madrasah unggul berkelas dunia. Hal itu dibuktikan dengan diterimanya 32 orang lulusan madrasah itu di Universitas Al Azhar Kairo Mesir dan 3 orang di Universitas Islam Maroko.

“Alhamdulillah 35 lulusan kita tahun ini diterima di dua universitas ternama di luar negeri, 32 orang di Al Azhar Kairo dan 3 orang di Universitas Islam Maroko,” kata Kepala MAN 2 Padang Panjang, Dariman, Senin (229/7) di Koto Baru.

Dibanding tahun sebelumnya, jumlah lulusan MAN 2 yang diterima di luar negeri, terutama di Al Azhar, terjadi peningkatan cukup tinggi. Tahun lalu yang diterima di Al Azhar sebanyak 24 orang.

Ini menunjukkan bahwa MAN 2 Kota Padang Panjang adalah Madrasah Aliyah yang berkualitas di Sumatera Barat. Kalau melihat kepada Madrasah Aliyah Negeri yang lain di Sumatera Barat, tidak ada lulusannya yang mencapai puluhan orang setiap tahunnya melanjutkan studinya ke luar negeri.

Disamping Perguruan Tinggi Luar Negeri, di Perguruan Tinggi Dalam Negeri untuk tahun ini lulusan MAN 2 berhasil diterima sebanyak 252 orang. Mereka tersebar di berbagai Perguruan Tinggi terbaik, seperti UI, Unpad, IPB, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Airlangga Surabaya, Institut Teknologi Surabaya, Universitas Islam Negeri Jakarta, Univeritas Islam Negeri Bandung dan Universitas Islam Negri Yogyakarta, Unand, UNP, UNRI.

Dariman menyatakan sangat berbangga hati dengan prestasi yang diraih oleh lulusan MAN 2 Kota Padang Panjang. Baginya pribadi, keberhasilan itu telah membuktikan kemampuannya dalam memimpin madrasah itu semakin baik.

“Ini merupakan buah dari kerja keras dan kekompakan kita semua. Saya ucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada tenaga pendidik dan kependidikan serta seluruh civitas akademik MAN 2 Padang Panjang,” ucapnya.

Wakil Kepala Bidang Akademik Khairunnas, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Wendri, Wakil Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Egi Novendra, Wakil Kepala Bidang Humas Zulkifli, Wakil Kepala Bidang Keasramaan Syukri Hamdi Syaputra, serta Kaur Tata Uaha Husnul Basyir, juga menyatakan kegembiraannya atas prestasi yang diraih lulusan MAN 2 Kota Padang Panjang.

Mereka berharap dengan inovasi- inovasi pembelajaran, penegakan disiplin dengan baik, memfasilitasi dan menyalurkan potensi peserta didik, lulusan MAN 2 Padang Panjang akan lebih banyak lagi diterima di Perguruan Tinggi favorit, baik dalam maupun luar negeri pada tahun mendatang.

Ketua Komite MAN 2 yang mendengar keberhasilan lulusan MAN 2 Padang Panjang ini juga turut berbahagia dan bersyukur dan mendorong di tahun mendatang lulusan MAN 2 Padang Panjang bisa lebih meningkat prestasinya. (Jas)