Padang  

Pemko Padang Cek Ketersediaan Pangan di Gudang Bulog

Padang – Kota Padang, sebagai ibu kota Provinsi Sumatera Barat, belakangan ini mengalami cuaca panas yang mengakibatkan kekeringan pada sawah dan kegagalan panen bagi para petani. Menyikapi kondisi tersebut, Pemko Padang melalui Dinas Perikanan dan Pangan meninjau kecukupan ketersediaan pangan di Gudang Utama Bulog Sumatera Barat di Jalan Sutan Syahrir Mata Air, Kota Padang, Selasa (30/7/2024).

Peninjauan ini dilakukan langsung oleh Pj. Wali Kota Padang, Andree Algamar, yang memastikan bahwa stok dan ketersediaan bahan pangan mencukupi untuk wilayah Kota Padang.

“Sesuai arahan dari Menteri Dalam Negeri, kita harus memastikan seluruh pangan di daerah itu aman dan jika terjadi bencana alam, Bulog siap dengan ketersediaan stok pangan. Untuk menekan angka inflasi, kita juga harus menjaga stok barang, terutama beras,” ucap Andree Algamar.

Ia juga menjelaskan bahwa Pemko Padang sangat mengatensi ketersediaan cadangan beras melalui Dinas Perikanan dan Pangan, dengan cadangan sebanyak 111 ton dari Pemerintah. “Saat ini, kami pastikan juga ke gudang Bulog tentang ketersediaan stok barang komoditi seperti beras, gula, tepung, dan minyak goreng. Ke depan, kami akan merumuskan bersama dengan Kepala Bulog bagaimana cara membeli panen raya di Kota Padang untuk wilayah Kota Padang,” terangnya.

Sementara itu, Pimpinan Wilayah Perum Bulog Kanwil Sumbar, Sri Muniati, menyebutkan kebutuhan stok dari dua gudang di Kota Padang sangat memadai untuk melaksanakan penyaluran yang merupakan tugas dari pemerintah.

“Alhamdulillah, stok beras di Bulog Kanwil Sumbar ini lebih kurang 4,500 ton dan itu cukup untuk wilayah Kota Padang. Nanti, Bulog bersama Dinas Pangan juga akan melakukan penyaluran bantuan pangan tahap ke-3 yang akan dimulai 1 Agustus 2024,” terangnya. (mc)