Menteri Agama Lantik Prof. Silfia Hanani sebagai Rektor UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Bukittinggi – Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas, secara resmi melantik Prof. Dr. Silfia Hanani, M.Si., sebagai Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi untuk periode 2024-2028. Pelantikan tersebut berlangsung khidmat di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama, Jakarta, pada Jumat (9/8).

Selain melantik Prof. Silfia Hanani, Menteri Agama juga melantik sejumlah Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) dan pejabat tinggi lainnya, termasuk Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama. Prof. Silfia Hanani menjadi salah satu dari sepuluh pemimpin perguruan tinggi yang dilantik pada kesempatan ini.

Pelantikan disaksikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Muhammad Ali Ramdhani, dan Inspektur Jenderal, Faisal. Acara ini juga dihadiri oleh pejabat Eselon I, Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menteri Agama, pejabat Eselon II, serta Penasehat dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama.

Dalam sambutannya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan harapannya agar para rektor yang baru dilantik dapat membawa perubahan positif dan signifikan di kampus masing-masing, serta meningkatkan kualitas pendidikan yang berorientasi pada nilai-nilai keislaman yang moderat dan inklusif.

Prof. Silfia Hanani, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Pasca Sarjana UIN Bukittinggi, menyatakan kesiapannya untuk mengemban amanah tersebut dan berkomitmen untuk membawa UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi menuju pencapaian yang lebih baik di masa depan, dengan mengedepankan semangat keilmuan dan nilai-nilai integritas.

Dengan dilantiknya Prof. Silfia Hanani sebagai Rektor UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, harapan besar digantungkan pada kemampuannya dalam membawa universitas menuju pencapaian baru dan lebih tinggi di era globalisasi dan digitalisasi pendidikan saat ini. (gdo)