Padang  

Queen Alexa Valerie Ch Juarai Lomba Menulis Esai se-Sumbar

Pelajar Sekolah Dasar (SD) di Padang, Queen Alexa Valerie Ch telah mengharumkan nama Kota Padang di tingkat Sumatera Barat.

Padang – Pelajar Sekolah Dasar (SD) di Padang, Queen Alexa Valerie Ch telah mengharumkan nama Kota Padang di tingkat Sumatera Barat. Pelajar kelas V SD itu mampu meraih juara I Lomba Menulis Esai yang diselenggarakan DP3AP2KB Pemprov Sumbar, beberapa waktu lalu.

Queen yang tercatat sebagai siswa SD Muhammadiyah 05, Ketaping itu tak dapat menyembunyikan kegembiraannya saat diwawancarai, Minggu (8/9/2024). Lomba menulis esai dengan tema “Mari Cegah Bencana dengan Mencintai Alam” yang diikuti puluhan siswa itu berhasil dijuarainya.

“Ucapan syukur kepada Allah, dan terimakasih tak terhingga kepada orang tua, guru dan semua pihak yang telah mendukung sehingga mampu meraih penghargaan ini,” ucap Queen ketika diwawancarai.

Dalam lomba itu, Queen menulis esai dengan judul “Sampah Bukan Warisan, Tapi Bisa Jadi Cuan”. Dalam tulisannya, Queen menceritakan keprihatinannya terhadap sampah di Kota Padang. Hampir setiap pagi dirinya melihat truk sampah berseliweran. Hal ini menandakan banyaknya produksi sampah warga kota.

Queen menilai, apabila sampah dapat dikelola dengan baik, justru akan mengurangi jumlah sampah yang ada di TPA Air Dingin. Menurutnya, sampah jika diolah akan bisa menjadi cuan (uang).

“Sampah itu kita punya, kita yang bertanggung jawab, jika sudah begitu, sampah bisa kita olah menjadi cuan,” ungkapnya.

Berkat tulisannya itu, Queen menyisihkan penulis lain. Pengumuman pemenang dibacakan saat Panggung Ekspresi Anak Sumatera Barat Tahun 2024 di Tanah Datar, 29 Agustus 2024 lalu.

Penghargaan berupa piala dan tabungan diserahkan Kepala DP3AP2KB Sumbar, dr Herlin Sridiani di Lapangan Cindua Mato, Batusangkar. Mantan Direktur RSUD dr Rasidin Padang itu menyebut, lomba menulis telah mengasah literasi menulis siswa. Kegiatan lomba ini harus terus digelorakan agar anak lebih kreatif dan mampu menuangkan ide-idenya ke dalam bentuk tulisan.(c)