Pemimpin Muda di Dharmasraya Bukan Pertama Kali

Annisa Suci Ramadhani

 

Dhamsraya -Figur muda dalam memimpin bukan satu hal yang di baru di Kabupaten Dharmasraya. Buktinya Sutan Riska Tuanku Kerajaan sudah dua periode memimpin daerah Ranah Cati Nan Tigo.

Dengan munculnya Calon Bupati Annisa Suci Ramadhani dalam kontestan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun ini bukan suatu hal yang baru di daerah tersebut.

Wakil Sekretaris DPD Gerindra Sumbar, Adha Putra mengapresiasi fenomena anak muda yang berani maju dalam kontestan pilkada. Ukuran pemimpin bukan muda atau tidak. Namun, dilandaskan hal- hal yang lebih fundamental.

Seperti kapasitas dan juga loyalitas calon pemimpin. Sosok pemimpin ditentukan oleh kedewasaan dan kesiapannya dalam mengatasi masalah, merumuskan kebijakan, dan mengambil kebijakan di masa sulit.

“Di sini figur calon pemimpin muda yang ideal terlihat pada sosok Annisa Suci Ramadhani. Kita sama mengetahui Caca ini memiliki pengalaman dan pendidikan yang mumpuni, ini bisa membawa harapan baru. Generasi milineal saatnya membangun daerah,” kata Adha.

Adha mengatakan, kepemimpinan anak muda sudah terbukti dan teruji di Kabupaten Dharmasraya. Sutan Riska telah membuktikan capaian yang luar biasa dalam membangun Dharmasraya.

“Bicara Sutan Riska, kita harus bangga. Dia berhasil membangun Dharmasraya sengan baik. Dia dekat dengan pemerintah pusat, dia kokoh dan terus melakukan kerja cepat untuk rakyatnya,” ujar Adha.

“Dari sini dapat kita simpulkan anak muda sangat potensial dalam membangun daerah. Bergerak cepat dalam membuat langkah strategis untuk masyarakatnya,” tambahnya.

Annisa Suci Ramadhani memiliki latar belakang kuat di dunia hukum. Lulusan Columbia University, New York dan meraih gelar Master of Laws (LL.M) pada tahun 2022, juga aktif dalam Law and Economic Society dan Columbia Outdoors Club. Pendidikan dan pengalaman yang ia geluti, diyakini memperkuat kemampuan dirinya di bidang hukum dan ekonomi.

Sebelumnya Annisa meraih gelar Sarjana Hukum di Universitas Indonesia pada tahun 2012, dengan fokus di bidang hukum bisnis. Mengisi waktu luang semasa kuliah, wanita ini juga terus mengasah kemampuannya dan terlibat langsung dalam berbagai organisasi. Setidaknya dirinya tercatat aktif di berbagai organisasi termasuk sebagai Ketua Divisi Hubungan Alumni di Asian Law Students’ Association (ALSA) Chapter UI.

Bekal ilmu dan pengalaman berorganisasi yang didapatnya selama menempuh pendidikan, diakuinya menjadi modal bagi dirinya dalam menata karier yang dapat dikatakan gemilang. Dalam karier profesionalnya, Annisa memegang peran penting sebagai Managing Associate di Melli Darsa & Co, sebuah firma hukum yang tergabung dalam jaringan PwC Global.

Setidaknya tujuh tahun Annisa berkarier di sana. Dia juga mendapat kepercayaan memimpin berbagai proyek besar, termasuk merger dan akuisisi, penawaran umum perdana (IPO), serta restrukturisasi perusahaan-perusahaan besar dan BUMN. Tidak saja dibidang hukum.

Keahliannya di bidang keuangan, perbankan, dan pasar modal menjadikannya sosok yang diakui di kalangan profesional. Selain itu, Annisa juga pernah bertugas sebagai Staf Khusus Ketua DPR RI dari 2018 hingga 2019, di mana ia terlibat dalam pembahasan Rancangan Undang-Undang terkait sektor perbankan dan keuangan. Sebelumnya, ia juga mendampingi Komisi XI DPR RI yang mengurusi layanan keuangan pada 2017-2018. Dengan pengalamannya itu Annisa Suci Ramadhani layak dipercaya masyarakat untuk maju di Pilkada Kabupaten Dhamasraya. (deri)