Tingkatkan Kompetensi Guru TIK, Tim PKM UNP Beri Pelatihan CANVA AI

LIMAPULUH KOTA – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Padang selenggarakan edukasi peningkatan kompetensi guru TIk melalui pelatihan CANVA AI di Kabupaten Limapuluh Kota. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring selama sejak tanggal 6 hingga 7 September 2024. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala UPTD SMPN 3 Kecamatan Harau, Rima Kerlinda.

Tim PKM ini digawangi oleh Dr. Hansi Effendi (Ketua), Ayu Hendra (Anggota), Dr. Rudi Mulya (Narasumber), Fadhli Ranuharja (Narasumber), Annisa Yumna Yudistia, dan Wifri Azizah.

Pengabdian Kepada Masyarakat ini diikuti oleh guru-guru SMP/MTs yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Kabupaten Lima Puluh Kota yang terdiri dari 30 orang yang diketuai oleh Sanca Sartika.

Dalam laporannya, Hansi Effendi menyampaikan bahwa pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru-guru SMP/MTs di Kabupaten Lima Puluh Kota dalam pemanfaatan Canva AI.

Permasalahan prioritas yang diidentifikasi terdiri dari dua bidang, yakni peningkatan kemampuan guru dalam pemanfaatan teknologi digital untuk pembelajaran.

Kemudian, kurangnya pemahaman guru tentang potensi teknologi digital, seperti Canva AI, dalam pembuatan materi pembelajaran yang menarik dan interaktif.

“Kompleksitas permasalahan ini kami identifikasi berupa terbatasnya peluang bagi guru untuk mengikuti pelatihan atau pengembangan profesional dalam pemanfaatan teknologi digital untuk pembelajaran; rendahnya kepercayaan diri guru dalam mengintegrasikan teknologi digital ke dalam proses pembelajaran karena kurangnya pengalaman dan keterampilan,” jelas Hansi Effendi.

Lebih lanjut, Hansi Effendi menyampaikan bahwa pengembangan materi pembelajaran yang kreatif dan inovatif juga menjadi masalah. Kurangnya variasi dan kreativitas dalam pembuatan materi pembelajaran yang dapat menarik minat dan meningkatkan pemahaman siswa.

Terbatasnya sumber daya pembelajaran digital yang relevan dan mudah diakses oleh guru untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kesulitan dalam mengadaptasi materi pembelajaran ke format digital yang interaktif dan menarik bagi siswa.

Materi pengenalan Canva AI yang diberikan kepada seluruh peserta diantaranya Magic Design (Magic Design for Presentation, Magic Design for Video), Magic Write, Content Transformation, Magic Media Text to Video dan Text to Image, Magic Editing, Magic Apps. (*)