Stabilisasi Harga, Pemkab Tanah Datar Gelar Gerakan Pangan Murah

Ketua TPKKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra di pasar Sungai Tarab. (ist)

Batusangkar – Guna sedikit menekan harga pangan, Penkab Tanah Datar menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di pasar Sungai Tarab pada Rabu (11/9).

Asisten II Setda Alfian Jamrah mengatakan GPM merupakan salah satu cara yang efektif untuk menekan laju inflansi dan menjaga stabilitas harga komoditi bahan pokok, dan juga merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mempermudah masyarakat memperoleh bahan pangan dengan harga yang terjangkau.

“Gerakan pangan Mlmurah ini diharapkan tidak hanya mampu menjaga stabilitas harga pangan di pasar, tetapi juga meningkatkan daya beli masyarakat, terutama di tengah situasi ekonomi yang penuh tantangan. Dengan tersedianya pangan murah, diharapkan masyarakat dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan lebih mudah, sekaligus membantu menjaga keseimbangan ekonomi di tingkat lokal,” katanya.

GPM, lanjut Alfian, merupakan program nasional yang dianggarkan dengan APBN melalui Badan Pangan Nasional. Kegiatan ini sebelumnya juga telah dilaksanakan jelang hari raya idul Fitri di Pasar Batusangkar.

“Untuk pelaksanaan yang kedua kali sengaja kami memilih kecamatan sungai tarab kami sengaja memilih kecamatan sungai tarab ini karena potensi daerahnya yang merupakan kawasan hulu dan juga hilirisasi komoditi pertanian dan perikanan,” terangnya.

Diutarakannya, dengan adanya kegiatan gelar pangan murah ini diupayakanq dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangannya, dan masyarakat mesti bijak dalam berbelanja sesuai dengan kebutuhan stop boros pangan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra dan jajaran kepala OPD di lingkup Pemkab Tanah Datar. (ydi)