Abdul Fatah Pimpin Bukittinggi Press Club Tiga Tahun ke Depan

Bukittinggi – Organisasi komunitas wartawan, Bukittinggi Press Club (BPC) memiliki ketua baru. Setelah sempat berdebat sengit diantara anggotanya, Abdul Fatah Jurnalis Antara terpilih menjadi ketua periode 2024 – 2027 menggantikan Haswandi.

Fenomena diskusi jelang pemilihan menghangat karena lima calon yang muncul dalam musyawarah besar tiga tahunan itu, terlihat saling tunjuk satu sama lainnya untuk menjadi ketua.

Namun berdasarkan usulan anggota ada lima nama yang mengapung sebagai ketua diantaranya incumbent Haswandi, Kontributor iNews Wahyu Sikumbang, Kontributor tvOne Donal Chaniago mengapung. Mardi Wardi, punggawa Sumbarkita.id, serta Jurnalis Antara Sumbar, Abdul Fatah,

Akan tetapi kelimanya tidak bersedia menjadi ketua. Asrial Gindo yang memegang kendali jalanya pemilihan menegaskan nama nama yang sudah diusulkan tidak boleh mengundurkan diri dari pencalonan, tapi boleh mengemukakan alasan keberatannya.

Selanjutnya, pada kempatan pertama diberikan kepada Haswandi untuk mengungkapkan visi dan misi serta alasanya,

“Jangan pilih saya, karena saya masih dalam proses pengobatan”, ujar Haswandi dalam penyampaian visi misinya.

“Saya tidak bersedia karena masih mobile luar kota, khawatir tidak terurus organisasi,” ungkap Donal.

“Saya harus mengurus anak kemenakan sebagai ninik mamak,” kata Abdul Fatah. “Saya hanya mau jadi wakil ketua”, pungkas Wahyu. “Saya banyak kesibukan lain di luar mengurus newsroom,” sela Mardi Wardi.

Meskipun masing masing calon sudah menyampaikan alasannya, namun dari hasil pemilihan mayoritas anggota menjatuhkan pilihan kepada Abdul Fatah dengan 10 suara, dari 11 suara yang ada pada Mubes di sekretariat BPC Rabu malam (11/09).

“Saat ini saya langsung memilih formatur wakil ketua, sekretaris dan bendahara”, ungkap Inyiak sapaan akrab pria berkacamata tersebut.

Selanjutnya, di tangan Al Fatah yang juga salah seorang niniak mamak kurai itu diharapkan BPC akan lebih baik dan profesional lagi dalam mewadahi sejumlah Jurnalis yang bertugas di Bukittinggi ini. “Terima kasih kepada Haswandi, ketua sebelumnya saya akan melanjutkan program tepat sasaran yang selama ini sudah berjalan di ruang lingkup jurnalis BPC,” tutupnya. (gdo)