Gubernur Buka Porsadin Tingkat Sumbar

PAINAN-Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah secara resmi membuka Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (Porsadin) ke-6 tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kabupaten Pesisir Selatan, Sabtu (14/9).
Acara pembukaan Porsadin yang dipusatkan di Kawasan Wisata Pantai Carocok Painan tersebut dihadiri Bupati Pesisir Selatan diwakili Sekda Mawardi Roska, Ketua DPRD, Darmansyah, Plh Kakanwil Kemenag Sumbar, H.Hendri Pani Dias, Kakan Kemenag Pesisir Selatan diwakili Kasubbag TU, Yossef Yuda dan undangan lainnya.
Gubernur Mahyeldi Ansyarullah dalam sambutannya mengatakan, hakikat Porsadin adalah untuk menghadirkan generasi yang berkualitas dan berakhlak yang nanti akan menjadi pemimpin di masa depan.
“Kami Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyambut baik Porsadin. Ini merupakan ajang untuk membentuk kaderisasi generasi muda Islam yang nanti mereka akan menjadi pemimpin di daerah dan bangsa ini,” ujarnya.
Mahyeldi Ansyarullah memberikan apresiasi terhadap segenap panitia, dan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan yang telah mensupport berlangsungnya Porsadin ini.
Dalam kesempatan itu Gubernur Mahyeldi Ansyarullah juga memberikan bantuan dana senilai Rp 25 juta untuk membantu anggaran kegiatan Porsadin tersebut.
Bupati Pesisir Selatan diwakili Sekda Mawardi Roska dalam sambutannya mengucapkan selamat datang pada semua kontingen dan tamu undangan di Kabupaten Pesisir Selatan yang berjuluk Negeri Sejuta Pesona itu.
“Kami mengucapkan selamat datang di Kabupaten Pesisir Selatan pada semua peserta dan tamu undangan. Selamat menikmati keindahan alam di kabupaten yang berjuluk Negeri Sejuta Pesona ini,” katanya.
Selanjutnya Sekda Mawardi Roska juga mengucapkan terima kasih, atas amanah sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan Porsadin tersebut.
Atas nama Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sekda Mawardi Roska juga mengucapkan terima kasih atas kerja keras panitia dan semua pihak yang telah ikut mensukseskan pesta akbar Porsadin itu.
Plh Kakanwil Kemenag Sumatera Barat, H. Hendri Pani Dias dalam sambutannya mengatakan, kamu tidak akan bisa memberi apa-apa jika kamu tidak punya apa-apa. “Tanggung jawab Pendidikan Diniyah Takmiliyah adalah tugas bersama untuk membangunnya, ” ucapnya.
Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana, Zulfira Zaisal, dalam laporannya mengatakan, kegiatan Porsadin tersebut berlangsung sejak 13-15 September 2024.
Kegiatan itu diikuti oleh 19 kabupaten/kota se Sumatera Barat dengan peserta 719 orang yang terdiri dari peserta lomba pelatih dan ofisial. (Son)