DPRD Sumbar Umumkan Susunan Pimpinan dan Keanggotaan Fraksi

Rapat paripurna penetapan fraksi-fraksi DPRD Sumbar periode 2024-2029, Selasa (17/9) di gedung dewan setempat-ist

 

Padang – Fraksi-fraksi DPRD Sumbar periode 2024-2029 telah ditetapkan dan diumumkan saat rapat paripurna, Selasa (17/9) di gedung dewan setempat.

Berdasarkan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, tujuh partai bisa menjadi fraksi sendiri sementara dua parpol yaitu PDIP dan PKB bergabung menjadi satu fraksi.

Ketua Sementara DPRD Provinsi Sumbar, Irsyad Syafar saat memimpin rapat paripurna tersebut mengatakan sesuai dengan ketentuan tersebut, maka partai politik yang jumlah anggotanya di DPRD paling sedikit lima orang, dapat membentuk fraksi sendiri.

Sedangkan anggotanya kurang dari lima orang dapat bergabung dengan fraksi yang ada atau membentuk paling banyak dua Fraksi Gabunga.n

“Berdasarkan ketentuan tersebut maka DPRD Provinsi Sumatera Barat periode 2024-2029 berjumlah delapan fraksi,” kata Irsyad.

Delapan fraksi yang terbentuk tersebut, yakni PKS dengan anggota 10 orang. Kemudian Fraksi Gerindra juga berjumlah 10 orang, Golongan Karya dengan jumlah anggota 9 orang, Partai Nasdem juga 9 orang, Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) memiliki 8 orang anggota dan Fraksi Demokrat juga 8 orang.

Selanjutnya Fraksi PPP dengan jumlah anggota 5 orang bisa membentuk satu fraksi sesuai jumlah komisi di DPRD Sumbar, yaitu lima komisi. Terakhir, PDIP memiliki tiga kursi harus bergabung dengan PKB yang juga memiliki tiga kursi bergabung menjadi fraksi dengan jumlah anggota menjadi 6 orang.

“Meskipun fraksi bukan merupakan alat kelengkapan dewan (AKD), namun AKD memiliki fungsi yang sangat strategis untuk menentukan arah kebijakan lembaga dan anggota dewan,” katanya.

Irsyad menambahkan, jika fraksi belum terbentuk maka AKD juga belum bisa dibentuk karena anggota AKD berasal dari fraksi-fraksi yang diusulkan secara proporsional.

Saat rapat paripurna tersebut sekaligus juga diumumkan pimpinan dari delapan fraksi tersebut. Fraksi PKS dengan struktur penasehat Muhidi, Ketua Irsyad Syafar, Wakil Ketua Mochklasin, Sekretaris Syofyan Hendri dan Bendahara Gustami Hidayat.

Kemudian Fraksi Gerindra dengan Pembina Evi Yandri Rajo Budiman, Ketua Khairuddin Simanjuntak, Wakil Ketua Verry Mulyadi dan Sekretaris Mario Syah Johan.