Padang  

Tingkatkan Sektor Pertanian, Mahyeldi Dorong Pengelolaan Perhutanan Sosial

Mahyeldi

Padang – Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi mendorong para petani di wilayahnya untuk memanfaatkan program Perhutanan Sosial.

Program ini, menurutnya, memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan petani di daerah tersebut.

“Kita menargetkan kawasan hutan yang dikelola masyarakat Sumbar mencapai 700 ribu hektare lebih,” ungkap Gubernur dalam sebuah kegiatan Mimbar Sarasehan yang dihadiri oleh KTNA dan Petani Milenial, Selasa (17/9/2024).

Dia menambahkan, sejumlah komoditas unggulan di Sumbar seperti jengkol, durian, dan kopi memiliki potensi ekonomi yang besar.

“Harga jengkol bahkan bisa melebihi daging. Kopi juga memiliki prospek besar, dengan permintaan yang terus meningkat. Kita bisa kemas kopi lokal menjadi ‘Kopi Minang’ dan promosikan secara nasional,” jelasnya.

Mahyeldi menyebutkan, selain dari sisi ekonomi, program ini memiliki manfaat lain. “Hutan yang kita tanam dapat diukur kadar karbonnya, dan karbon ini bisa dijual, sehingga menjadi penghasilan tambahan bagi petani,” jelasnya.

Dia juga menyoroti potensi produk olahan seperti tepung kulit manis dan gambir yang memiliki nilai jual tinggi di pasar internasional. “Ini membuktikan bahwa hilirisasi produk pertanian kita sudah mulai berjalan,” tambahnya.

Harapannya, dengan pemanfaatan potensi lokal dan dukungan dari program pemerintah, kesejahteraan petani Sumbar akan terus meningkat di masa mendatang. (r)