Isu Hubungan Gamawan-Mahyeldi tak Baik Terbantahkan

Gamawan dan Mahyeldi

Padang – Berita tentang merenggangnya hubungan antara Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, dan Gamawan Fauzi akhirnya terbantahkan melalui pertemuan hangat keduanya pada Senin (23/9/2024) malam di Istana Gubernuran Sumbar, Kota Padang.

Dalam kesempatan tersebut, Mahyeldi mendengarkan secara langsung pengalaman Gamawan Fauzi dalam dunia pemerintahan, mulai dari awal kariernya hingga berhasil menjadi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) di era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Pertemuan antara Buya (Mahyeldi) dan Pak Gamawan membahas banyak hal seputar Sumatera Barat, termasuk pandangan dan masukan beliau (Gamawan) terkait kemajuan Sumbar ke depannya,” ujar Juru Bicara Mahyeldi-Vasko, Reido Deskumar, di Padang, Selasa (24/9/2024).

Diskusi tersebut berlangsung cukup lama, dimulai selepas Isya dan berakhir hingga pukul 01.30 WIB dini hari.

“Dengan durasi waktu yang begitu panjang ini, tentunya kita dapat melihat bahwa hubungan baik antara Pak Gamawan dan Buya Mahyeldi tetap terjalin erat. Kita berharap kolaborasi antara keduanya akan terus berlanjut, dengan sosok Pak Gamawan memberikan energi positif bagi pembangunan Sumatera Barat yang berkesinambungan,” jelas Reido.

Pertemuan antara kedua tokoh ini menunjukkan adanya dukungan moril dari Gamawan terhadap Mahyeldi.

“Sebagai orang Minang, kita mengenal pepatah ‘Alun Takilek Alah Takalam’, yang berarti hubungan baik ini tentu memiliki makna adanya dukungan moril bagi Buya Mahyeldi, terutama dalam upayanya melanjutkan pembangunan,” ungkap Reido.

Selain itu, pertemuan antara petahana dan mantan Gubernur Sumbar tersebut juga sekaligus membantah isu keretakan hubungan mereka yang selama ini beredar.

“Publik bisa melihat bahwa hubungan Pak Gamawan dengan Buya Mahyeldi sangat baik,” lanjut Reido.

Reido menambahkan dalam pertemuan tersebut, Gamawan memberikan dukungannya terhadap kelanjutan pembangunan di bawah kepemimpinan Mahyeldi dan Vasko Ruseimy.

“Sebagai tokoh panutan kita semua, Pak Gamawan berharap agar di Pilgub Sumbar ini, Buya Mahyeldi dan Uda Vasko dapat melanjutkan pembangunan di Sumbar,” ujar Reido.

Dengan adanya dukungan dari Gamawan, kini Mahyeldi-Vasko didukung oleh tiga mantan Bupati Solok dalam Pilgub Sumbar 2024. Sebelumnya, Syamsu Rahim dan Gusmal, yang juga mantan Bupati Solok, telah lebih dahulu menyatakan dukungannya kepada pasangan calon dengan tagline Gerak Cepat untuk Sumbar tersebut.(ikh)