Ketua Sementara DPRD Sumbar Ajak Masyarakat Berpartisipasi Aktif Sukseskan Pilkada

Padang – Ketua Sementara DPRD Sumbar, Irsyad Safar mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam menyukseskan Pilkada serentak Tahun 2024. Dengan begitu pemimpin yang terpilih sesuai dengan harapan masyarakat dan mampu mewujudkan pembangunan daerah.

Hal tersebut disampaikan Irsyad usai menghadiri rapat pleno terbuka KPU Sumbar dengan agenda pengundian dan enetapan Nomor Urut pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur, Senin (23/9).

Irsyad mengatakan, masa kampanye akan segera berlangsung. Pada momen itu ia meminta masyarakat untuk mengenal lebih dalam calon kepala daerah melalui visi dan misi yang diusung.

Ia juga mengajak masyarakat untuk menggunakan hak demokrasi yang telah diberikan negara untuk memilih pemimpin daerah.

“Ikuti hati nurani dalam memilih pemimpin yang terbaik untuk kesejahteraan bersama. Jauhilah praktik politik uang yang bisa saja terjadi nanti,” kata Irsyad. Bukan hanya politik uang, masyarakat diminta untuk menghindari segala bentuk transaksional lainya.

Irsyad mengatatakan proses pemilihan kepala daerah akan bergulir. Bahkan nomor urut para pasangan calon pun telah ditetapkan secara nasional. Ia berharap pilkada serentak 2024 berjalan dengan lancar dan damai tanpa adanya gesekan sosial di tengah masyarakat.

Untuk diketahui, pilkada Serentak di Sumabar akan berlangsung untuk Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur (Pilgub) dan Pilkada bupati/ wali kota di 19 kabupaten/ kota. Hari pemilihan akan berlangsung pada Rabu 27 November 2024 serentak dengan pilkada di seluruh daerah di Indonesia.

Pemungutan suara akan berlangsung di 10.846 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan 4.103.084 pemilih yang terdaftar di dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Total ada 56 pasangan calon yang akan berkompetisi di Pilkada Serentak 2024 yaitu dua pasangan calon gubernur-wakil gubernur dan 54 pasangan calon bupati-wakil bupati dan calon wali kota-wakil wali kota

Dalam rapat pleno yang berlangsung terbuka untuk pengundian nomor urut dipimpin Ketua KPU Sumatera Barat Surya Efitrimen tersebut, pasangan calon gubernur-wakil gubernur Mahyeldi-Vasko Ruseimy mendapatkan nomor urut 1. Pasangan tersebut diusung oleh Koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Gerindra, Partai Demokrat, PBB dan Partai Perindo.(T)