KPU Payakumbuh Gelar Deklrarasi Damai Pilkada Serentak

Payakumbuh – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh menggelar Deklarasi Kampanye Damai yang diikuti oleh seluruh pasangan calon (Paslon) yang bertarung di pemilihan Walikota dan Wakil Walikota 2024. Penandatanganan deklarasi dilakukan di GOR M. Yamin, Payakumbuh, Selasa (24/9), yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU Payakumbuh, Wizri Yasir.

Pada kesempatan itu, Ketua KPU Payakumbuh Wizri Yasir, menyampaikan, pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pilkada. Dia mengajak seluruh elemen masyarakat, untuk berkomitmen menciptakan suasana yang damai. “Tidak terasa hari pemungutan suara untuk Pilkada Payakumbuh tinggal beberapa bulan lagi. Serangkaian kegiatan sudah kami lakukan dan kita persiapkan. Termasuk masa kampanye yang akan di laksanakan mulai tanggal 25 September 2024 mendatang,” ujarnya.

Wizri juga mengingatkan dan mengimbau, agar seluruh paslon dan seluruh lapisan pendukung serta masyarakat agar melaksanakan kampanye dengan aman dan damai. “Silahkan melaksanakan kampanye sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. Bersama-sama kita melaksanakan sesuai asas dan berkeadilan,” tambahnya.

Wizri juga mengingatkan agar para paslon tidak saling memburukan dan menyampaikan kampanye dengan sehat. “Dengan dilaksanakannya tanda tangani Deklarasi Kampanye Damai ini, kita mengimbau agar para paslon berkampanye dengan sehat, baik dan tidak saling memburukan. Bapak-bapak bisa menyampaikan dan mempromosikan sebaik mungkin ke masyarakat Payakumbuh. Kami yakin para paslon berkompetisi dengan adil untuk meraih suara sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kami yakin dan berharap tidak ada gesekan yang terjadi di masyarakat kita,” katanya.

Sementara itu, Pj. Walikota Payakumbuh Suprayitno, optimis pelaksanaan kampanye oleh pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota di Kota Payakumbuh akan berjalan dengan aman dan damai. “Saya optimis di Payakumbuh kampanye dapat berjalan dengan damai, aman serta riang gembira,” ucapnya.

Menurutnya, bahwa pihaknya meyakini seluruh pasangan calon merupakan putra terbaik Kota Payakumbuh yang akan dipilih masyarakat pada 27 November 2024. “Payakumbuh jadi daerah di Sumbar dengan calon terbanyak dan saya yakin seluruhnya putra terbaik di Kota Payakumbuh. Saya yakin seluruh pasangan calon ingin memberikan yang terbaik untuk pembangunan dan kemajuan Kota Payakumbuh,” tambahnya.

Dikatakan, Deklarasi Kampanye Damai ini merupakan wujud komitmen kita bersama dalam menyelenggarakan pemilihan kepala daerah yang jujur, adil, dan transparan. “Momentum Pilkada bukan hanya sekadar kompetisi politik, melainkan juga ajang pembuktian kedewasaan demokrasi di Payakumbuh. Kita ingin menunjukkan kepada seluruh masyarakat bahwa politik dapat dijalankan dengan penuh etika, kedamaian, dan menjunjung tinggi persatuan,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, dia berharap dan mengajak agar seluruh Pasangan Calon, Parpol, dan tim pendukung untuk menjadikan deklarasi ini sebagai landasan moral dan etis dalam berkampanye. “Mari kita sampaikan program dan visi misi dengan cara-cara yang santun, mengedukasi masyarakat, dan menghindari segala bentuk provokasi yang bisa menimbulkan perpecahan,” pungkasnya. (bule)