Sertijab Kakankemenag Padang Panjang, Mukhlis Gantikan Syafrizal

Disaksikan Kakanwil Kemenag Sumbar Mahyudin, Kakankemenag Padang Panjang diserahterimakan dari Syafrizal kepada Mukhlis, Kamis (26/9) di aula PLHUT Kemenag setempat. (Jasriman)

PD. PANJANG–Setelah hampir dua bulan dipimpin Plt (pelaksana tugas), Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang akhirnya punya kepala kantor defenitif. Kakankemenag yang baru itu adalah H. Mukhlis, sebelumnya Kasubag TU Kankemenag Kabupaten Padang Pariaman.

Pada Kamis (26/9) kemarin, Mukhlis telah menjalani pisah sambut dan serah terima jabatan dengan Plt Kakankemenag H. Syafrizal. Kegiatan yang diadakan di aula PLHUT itu dihadiri langsung Kakanwil Kemenag Sumbar DR. Mahyudin, Pj Walikota Padang Panjang yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Maiharman.

Turut pula hadir unsur forkopimda, mantan Kakankemenag H. Alizar Dt. Sindo Nan Tongga, pimpinan pondok pesantren dan madrasah, Ketua FKUB H. Sehabuddin, Wakil Ketua Baznas H. Jasriman, jajaran Kankemenag Padang Panjang dan Kemenag Padang Pariaman.

Kakanwil Kemenag Sumbar Mahyudin dalam kata sambutannya mengucapkan terimakasih atas pengabdian Alizar selama menjabat Kakankemenag Padang Panjang. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Plt Kakankemenag Syamsurizal yang mengisi kekosongan jabatan pasca pensiunnya Alizar sejak 1 Agustus.

“Apa yang telah diperbuat pak Alizar dan pak Syafrizal, semoga bisa dilanjutkan dan disempurnakan oleh pak Mukhlis sebagai Kakankemenag yang baru. Penunjukan pak Mukhlis sebagai Kakankemenag Padang Panjang sudah tepat dan melalui pertimbangan yang matang, apalagi beliau juga alumni Thawalib Padang Panjang,” kata kakanwil.

Mahyudin meminta Mukhlis agar terus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan pemerintah kota, forkopimda dan stakeholder lainnya dalam membangun kemenag semakin baik. Sebab, tupoksi kemenag sangatlah banyak dan sangat berkait dari banyak instansi lainnya.

“Kebersamaan dengan internal maupun eksternal harus tetap dipelihara. Saya titip pak Mukhlis kepada bapak walikota dan bapak/ibuk semua, semoga beliau bisa mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Sepertinya hal kakanwil, Pj Walikota dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Maiharman juga berharap kemitraan pemko dan kemenag akan tetap terjalin erat di bawah kepemimpinan Mukhlis.

“Dengan kemitraan dan kolaborasi yang baik, mari kita bersama-sama membangun bidang keagamaan di Kota Serambi Mekah. Umat beragama semakin taat dan bisa bertoleransi satu dengan yang lainnya,” ajaknya.

Sebagai pejabat baru, Mukhlis berjanji akan menjalankan amanah itu dengan sebaik-baiknya. “Tugas kami tentu tidaklah ringan, kami butuh dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak. Jika ada kekeliruan, tolong ingatkan kami, terutama pendahulu sekaligus guru kami waktu di Thawalib, pak Alizar,” ucapnya.

Sebagai gebrakan awal, pada kesempatan itu Mukhlis menyerahkan proposal pembangunan baru gedung kantor kemenag bagian belakang kepada kakanwil. “Bapak kakanwil bisa lihat langsung, bagian depan (aula PLHUT-red) sudah megah, bagian belakang sudah sangat mendesak dibangun baru. Semoga bisa diperjuangkan anggarannya di tahun 2026,” harapnya. (Jas)