Evaluasi Kemendagri, Kinerja Pj Walikota Pariaman Baik

Pariaman – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) lakukan evaluasi triwulan IV terhadap kinerja Pj. Wali Kota Pariaman, Roberia di Gedung Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Timur No. 8, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (26/9).

Hasil evaluasi kinerja Roberia dinilai baik Kemendagri. Pasalnya, Kemendagri mendengar atas beberapa kebijakan strategis yang dilakukan.

Kebijakan strategis tersebut terkait 5 (lima) program prioritas yang telah ditentukan oleh Pemerintah Pusat ditambah beberapa capaian indikator kinerja yang telah dilakukan untuk kemajuan Kota Pariaman.

“Terkait 5 program prioritas nasional, seperti Inflasi, Stunting, ⁠Kemiskinan ekstrim, ⁠Pengangguran terbuka dan ⁠Penyerapan Anggaran, kita di Pemerintah Kota Pariamam telah melakukan berbagai kebijakan sehingga dapat memenuhi target yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Alhamdulillah, Pemko Pariaman kembali dapat mempertahankan prestasi sebagai salah satu Kab/Kota terbaik dalam penurunan Inflasi atau Indek Perkembangan Harga (IPH) yang dipantau oleh Kemendagri setiap minggu. IPH adalah indeks yang mengukur perubahan harga-harga 20 komoditas pangan yang memiliki bobot besar dalan IHK dan dapat dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah daerah,” ucap Roberia .

Selain itu, Roberia juga telah membuat kebijakan untuk kemajuan dan pertumbuhan ekonomi yang ada di Kota Pariaman.

“Kami berharap dengan kebijakan yang telah lakukan semenjak menjabat diantaranya, pengusulan 1.491 tenaga honorer Non ASN di Pemko Pariaman yang telah disetujui oleh Pemerintah pusat beberapa waktu lalu, dapat meningkatkan taraf hidup bagi keluarga, termasuk angka kemiskinan ekstrem di Pariaman sudah persen,” terangnya.

Sementara itu Tim Evaluator dari Inspektorat Jenderal Kemendagri, menyambut baik apa yang telah dibuat dan ditorehkan oleh Pj Wali Kota Pariaman, Roberia.

Di kesempatan itu Tim Evaluator memberikan beberapa masukan antara lain, Mendorong Penyelenggara Pemilu, KPU dan Bawaslu agar melakukan koordinasi yang intensif dengan seluruh stakeholder dalam rangka pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, Menjaga Netralitas ASN, Mengawal Kebijakan Anti Korupsi melalui Inspektorat, Optimalisasi pajak dan retribusi dengan mendorong penyusunan kajian pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Adapum Tim Evaluator antara lain terdiri dari Teguh Narutomo (Inspektur Khusus Itjen), Ahmad Husin Tambunan (Sekretaris Itjen), Brigjen Pol Rustam Mansur (Inspektur I), Ichsan (Inspektur II), dan M.Dimiyati (PPUPD Utama Itjen), serta beberapa Tim Evaluator lainnya yag berasal dari Kemendagri.

Rombongan Pemko Pariaman yang hadir pada Evaluasi Triwulan IV ini dipimpin oleh Pj.Sekdako Yaminu Rizal, Inspektur Inspektorat Alfian Harun, Kepala Bappeda Hendri, Kepala BPKPD Buyung Lapau, Kepala Cabang Bank Nagari Ibnu Supriadi, Kepala RS.Sadikin Pariaman dr. Anung Respati, Sekretaris Kominfo Riky Falantino, Kabid Ekonomi Bappeda Citra Aditur Bahri dan beberapa jajaran staf Pemko lainnya. (agus)