Pedagang Pasar Rabaa Payalaian Harap Mahyeldi Lanjutkan Program bagi Masyarakat Kecil

Batusangkar – Pedagang Pasar Rabaa Payalaian, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar menyampaikan dukungannya terhadap program yang telah diinisiasi oleh pemerintahan Mahyeldi.

Salah seorang pedagang Alimin Mansur (66) mengaku, Calon Gubernur Sumbar Nomor Urut 1 itu selalu memberikan perhatian pada usaha-usaha masyarakat kecil, termasuk pedagang seperti dirinya.

Dia berharap program serupa terus dilanjutkan jika Mahyeldi kembali terpilih sebagai gubernur.

“Harapannya pedagang di Sumatera Barat, terutama di Pasar Rabaa Payalaian ini, terus berkembang sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” ungkap Alimin.

Dia juga menyatakan keyakinannya bahwa perhatian pemerintah sangat penting untuk mendorong kemajuan sektor perdagangan di daerah tersebut.

Mewakili pedagang di pasar itu, Alimin berharap Mahyeldi akan lebih memberikan perhatian khusus kepada pengembangan Pasar Rabaa Payalaian jika kembali diberi amanah sebagai gubernur.

“Disini kami sangat berharap juga agar perbaikan sarana dan prasarana di pasar tersebut segera diperbaiki sebagai penentu kemajuan para pedagang,” ungkapnya.

Salah satu aspirasi yang disampaikan oleh Alimin adalah terkait keterbatasan lahan di Pasar Rabaa. Para pedagang meminta agar pasar tersebut diperluas untuk menampung lebih banyak pedagang.

Alimin menyebutkan adanya bangunan kosong bekas sekolah SMP di samping pasar yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung perluasan pasar.

“Kami nilai, alokasi bangunan tersebut untuk pasar akan sangat membantu para pedagang dan memperbaiki kondisi perdagangan di Pasar Rabaa Payalaian,” jelasnya.

Selain soal lahan, pedagang juga mengeluhkan kondisi akses jalan dari Pasar Rabaa Payalaian ke Koto Laweh yang menjadi jalur utama yang digunakan oleh para pedagang, namun kondisinya sudah rusak parah.

“Jalan yang rusak ini sangat mengganggu akses pedagang, baik untuk membawa barang dagangan maupun aktivitas sehari-hari,” tutupnya.