Padang  

Pekan Kebudayaan Daerah Sumbar Angkat Tema Rantak Budaya

antara

Padang- Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Sumatera Barat (Sumbar) dibuka Rabu malam (2/10) di lokasi kegiatan acara, Zona C Taman Budaya Sumbar.

PKD Sumbar yang bakal digelar hingga 6 Oktober mendatang akan menampilkan sejumlah penampilan seni tradisi, penyerahan anugerah kebudayaan, pameran seni rupa, lomba lagu Mars Sumbar dan diramaikan juga dengan bazar kuliner dari UMKM.

Mewakili Plt. Gubernur, Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar, Hansastri mengatakan, PKD Sumbar dengan tema Rantak Budaya ini bakal menjadi spirit kebersamaan di tengah keberagaman seni dan budaya yang ada di provinsi ini.

“Dengan kegiatan dalam rangka memperingati hari jadi Sumbar ke 79 ini, juga sebagai promosi budaya, yang memang perlu terus diperkuat.
Iven tahunan juga jadi wadah memfasilitasi keberagaman budaya, serta bentuk pengenalan budaya ke generasi muda,” kata sekda.

Di sisi lain, katanya, PKD ini juga sebagai upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengangkat potensi budaya yang ada di Sumbar dan merawat eksistensi pada penggiat seni dan budaya lintas generasi.

Sementara itu, dalam sambutannya, Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah III, Undri menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya PKD Sumbar ini.

“Kebudayaan adalah aset yang tidak pernah habis, bisa menjadi deposit tambang budaya. Apalagi Sumbar kaya dengan ini. Kita harap cagar budaya dan non kebendaan sebagai aset kebudayaan bisa terus dikelola dan dilestarikan dengan baik,” katanya.

Selain itu, kata Undri, kedepannya juga butuh pembinaan dan peningkatan SDM untuk bisa mengelola kekayaan kebudayaan Sumbar ini.

Ketua Sementara DPRD Sumbar, Irsyad Safar turut mengapresiasi terselenggaranya PKD Sumbar. Dia berharap kegiatan ini bisa memberi pengaruh besar dalam pelestarian kebudayaan.

Dalam sambutannya, Irsyad juga mengungkapkan bahwa kebudayaan yang bisa bertahan lama adalah kebudayaan yang tersambung langsung dengan ideologi masyarakatnya.

“Kebudayaan bisa bertahan lama kalau tersambung langsung dengan ideologi,” katanya.

Pada pembukaan PKD Sumbar ini juga ditampilkan sejumlah pertunjukan seni tradisi, seperti penampilan tari, musik gamad oleh Pituah Minang Grup, pertunjukan saluang pauah dan penampilan kesenian dari Padang Pariaman. (wy)