Pantai Pariaman Penuh Sampah

Pariaman – Seiring tingginya curah hujan akhir-akhir ini, maka sejumlah sungai yang mengalir ke Muaro Pariaman membawa sampah, karena sungai tersebut meluap dan bekas potong kayu dan sejenisnya ikut terbawa oleh air.

Buktinyanya banyak sampah-sampah potongan kayu dan lainnya yang berserakan di tepi pantai. Akibatnya pantai Pariaman dipenuhi sampah, termasuk sampah rumah tangga.

Melihat kondisi tersebut, Pj. Walikota Pariaman Roberia melaksanakan rapat kilat dengan sejumlah Pelaku UMKM atau pedagang di Talao Pauh Pariaman, Senin (7/10).

Melihat Pantai yang kumuh, Pj. Wali Kota Pariaman, Roberia Himbau Pelaku UMKM menjaga kebersihan pantai di sekitar lokasi mereka berjualan.

Roberia mengatakan bahwa kebersihan pantai bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tetapi juga ikut andil para pelaku UMKM yang berjualan di sepanjang pantai, dan hal ini telah kita lakukan di Pantai Gandoriah, dan alhamdulillah sudah menampakkan hasil.

“Setelah kerja keras kita semua, saat ini kembali pantai pariaman nampak kumuh dan sampah yang berserakan, walaupun sebagian sampah dibawa oleh ombak ke tepi, tetapi itu bukan alasan dan kita tetap harus membersihkanya,” ucapnya.

Ia juga mengatakan, diperlukan kesadaran dan keikhlasan dari pelaku UMKM dalam membersihkan pantai, dimana mereka berjualan dengan pantai yang bersih, maka orang akan datang dengan sendirinya, untuk menikmati makanan dan keindahan pantai.

“Ketika saya datang di Kota Pariaman, saya membenahi kebersihan di pantai Gandoriah, dan menggerakan seluruh ASN dan Non ASN yang ada, sehingga dengan Gerakan Satu jam Menyapu (GSM) yang rutin kita lakukan, sudah bersih dan hendaknya terus tetap dijaga,” ungkapnya. (ags)