Padang  

Ustadz Zacky Mirza: Teladani Rasululullah SAW dalam Mendidik Anak

 Ustadz Zacky Mirza, LC, bersama pengurus dan Jamiyyah SDI Al Azhar 32 Padang. (susilo)

 

PADANG – Ustadz Zacky Mirza, LC, salah satu ulama kondang Indonesia tampil dalam tabligh akbar yang digelar Jamiyyah SDI Al Azhar 32 Padang, Rabu (9/10).

Kehadiran sarjana jebolan Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir, di lokasi acara di Masjid Al Azhar 32 Padang, menjadi magnet para jemaah terutama kaum hawa bahagia mendengar ceramah Islaminya bertemakan “Menjadi Orangtua Teladan Sesuai Sunah Rasulullah di Era Digital.”

Ustadz Zacky menuturkan, banyak kaum Muslim tak menyadari bahwa Allah Swt banyak memberikan rezeki kepada umatnya.”Punya suami, punya anak, bisa beribadah itu, badan sehat itu rezeki,” katanya.

Sebagaimana Surah Ar Rahman ayat 30,”Maka, nikmat Tuhanmu manakah yang kamu dustakan (wahai jin dan manusia), katanya, setiap kaum Muslim mesti bersyukur kepada Allah.

Ia juga menekankan bagaimana akhlak Rasulullah dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk memperbaiki diri sendiri, menjadi pribadi yang baik sebagai teladan bagi keluarga dan lingkungan, hingga menjalankan peran sebagai hamba Allah yang berakhlak mulia. Pembahasan tersebut mencakup akhlak dalam rumah tangga, bagaimana mendidik anak-anak dengan nilai-nilai Islam, serta membangun hubungan yang harmonis di tengah masyarakat.

Dengan gaya ceramah yang santai dan diselingi humor, Ustadz Zacky berhasil menciptakan suasana yang hangat dan interaktif di setiap lokasi. Jemaah tampak antusias mengikuti sesi tersebut, tetapi juga sebagai pengingat untuk menghidupkan akhlak Rasulullah SAW dalam keseharian.

Ia juga meminta para orangtua, terutama kaum ibu bijak dalam menggunakan media sosial (medsos) dan tidak perlu mengumbar hal pribadi atau curhat di medsos.

“Misalkan jika ada masalah suami-isteri cukup diselesaikan secara baik, dan jika terjadi pertengkaran jangan di depan anak karena ini akan melukai hati anak,” tekannya.

Ustadz Zacky juga minta para orangtua setiap hari membaca Alquran dan ada pula cara “bergaul” dengan Alquran, seperti memuliakan letak Alquran, membaca Alquran, melihat arti dan terjemahannnya, mengamalkan, menghafal Alquran. serta sedekah Alquran.

Dr.Monica Sari, Sp.PD, FINASIM, Jamiyyah SDI Al Azhar 32 Padang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ustadz Zacky Mirza dan Komunitas Indonesia Riau Mengaji atas kehadiran dan kontribusi besar mereka dalam menyebarkan syiar Islam di tengah masyarakat. “Semoga dengan acara ini, kita semua bisa semakin meneladani akhlak Rasulullah SAW dan memperkuat iman serta ukhuwah kita sebagai umat Islam,” ujarnya.

Saat ini dan ke depan, tugas orangtua berat sekali mengasuh anak karena adanya pengaruh lingkungan yang buruk dan medsos.”Oleh karena itu perlu peran orangtua dan menjadi teladan sesuai ajaran Rasulullulah,” katanya.

Ustadz Maulana dari Komunitas Indonesia Riau Mengaji dalam kesempatan itu memaparkan program waqaf 1 juta Alquran. Di acara ini para jemaah menyumbangkan donasi untuk waqaf Alquran. (susilo)