Pjs Bupati Lepas Rombongan Study Tiru MUI dan MPU Pasaman ke Banda Aceh

Pjs. Bupati , H. Edi Dharma menyerahkan plakat Pemkab kepada ketua MUI Pasaman, Nasbin Panyahatan yang nantinya diteruskan ke pengurus MUI Banda Aceh.(Ist)

Pasaman – Pjs. Bupati H. Edi Dharma melepas melepas study tiru dan silaturahmi Majelis Ulama Indonesia ( MUI ) Kabupaten Pasaman dengan Majelis Permusyawatan Ulama (MPU) Kota Banda Aceh, Kamis(10/10).

Ketua MUI Pasaman, Nasbin Panyahatan mengatakan yang berangkat study tiru sebanyak 18 orang yang terdiri dari 14 pengurus MUI Pasaman, pengurus MPU kecamatan dan kabupaten sebanyak 4 orang.

Dijelaskan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan profesionalisme ulama terutama pengurus MUI dan MPU Pasaman, alasan dijadikan Aceh sebagai tempat study tiru adalah mengingat MUI Aceh berbeda nama dengan daerah lain. Untuk itu MUI ingin mendalami perbedaan tersebut seperti kita ketahui Aceh sudah tersebut dengan negeri Serambi Mekah.

Sementara itu Edi Dharma menyampaikan dengan adanya study tiru ini nantinya akan dapat memberikan pengalaman dan ilmu sehingga bisa diterapkan di Pasaman, tentu semua itu harus disesuaikan dengan kultur, adat istiadat.

“Terkait banyaknya kegiatan dari MUI Pasaman yang bersifat positif dan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai keagamaan keagamaan, sangat perlu untuk di publikasikan ditengah masyarakat, sehingga setiap kegiatan yang dilaksanakan dapat diakses seluruh lapisan masyarakat,” harap Bupati.

Selain itu, kegiatan study tiru ru ke Aceh, bisa memberikan nilai tambah untuk peningkatan kinerja MUI Pasaman kedepan dalam hal ini harus didukung dengan dokumentasi yang lengkap sehingga masyarakat akan tahu kegiatan MUI dalam meningkatkan peran ulama ditengah masyarakat dalam pengembangan Islam di Ranah Pasaman Saiyo.

Selamat jalan para peserta study tiru, semoga mendapat berkah dan dapat meningkatkan pengetahuan para peserta study tiru”ucap Edi Dharma. (hen)