Masjid Akbar Galogandang Nagari III Koto Diharapkan Kankemenag Jadi Pilot Project

Penghargaan Masjid Akbar Galogandang sebagai terbaik dua nasional pada Anugerah Masjid Percontohan dan Ramah (Ampera) kategori ramah keragaman. (ist)

Batusangkar – Masjid Akbar Galogandang Nagari III Koto Kecamatan Rambatan diharapkan Kankemenag menjadi pilot project bagi masjid lain di Sumatera Barat dalam mengayomi keragaman yang ada di tengah masyarakat.

Saat ini, Masjid Akbar telah mencapai status paripurna yang mengedepankan segi Idarah (manajemen perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, pengadministrasian, dan pengawasan).

Kemudian, segi imarah (manajemen yang berfokus pada pemakmuran masjid baik ibadah, pendidikan dan ekonomi umat), dan segi riayah (pemeliharaan dan sarana masjid).

“Kankemenag Tanah Datar siap bersinergi dengan Pemkab dan memberi dukungan masjid di Tanah Datar untuk menjadi Masjid Paripurna,” tutup kata Kakankemenag Tanah Datar H. Amri saat wirid Korpri lingkup Pemkab dan jajaran Kankemenag, Jumat (11/10) di Pagaruyung.

Tahun ini, prestasi Masjid Akbar Galogandang mendapat terbaik dua nasional pada Anugerah Masjid Percontohan dan Ramah (Ampera) kategori ramah keragaman.

Atas prestasi itu, Pjs. Bupati Tanah Datar Arry Yuswandi menyatakan apresiasinya dan berharap agar kian ramai masjid dengan ibadah dan dakwah

“Selain wirid memakmurkan masjid, ada siraman rohani dan peningkatan keimanan lainnya selalu terjadwal di Masjid Akbar,” ujar Arry Yuswandi. (ydi)