Harapan Besar Niniek Mamak Selayo untuk Mahyeldi Kembali Pimpin Sumbar

Solok – Niniek Mamak Nagari Selayo, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, menaruh harapan besar kepada Mahyeldi untuk kembali menjabat sebagai Gubernur Sumatera Barat pada periode 2026-2030, didampingi Vasko Ruseimy.

Dukungan tersebut diungkapkan dalam sebuah acara adat, di mana Mahyeldi diarak dan disambut dengan pakaian adat tertinggi khas Selayo, sebagai simbol penghormatan dari masyarakat setempat.

Acara tersebut berlangsung dengan meriah, di mana Mahyeldi diarak menuju rumah gadang. Masyarakat yang memadati sepanjang jalan menyambutnya dengan sorakan “Gubernur!” sebagai bentuk dukungan dan harapan agar ia kembali memimpin Sumatera Barat.

Seorang tokoh masyarakat sekaligus Niniek Mamak setempat, Satia Putra Datuak Rangkayo Basa, mengungkapkan bahwa pakaian adat yang dikenakan kepada Mahyeldi adalah simbol penghormatan tertinggi dari Nagari Selayo.

“Karena Buya juga seorang Datuak, kami menyambut beliau dengan pakaian adat tertinggi kami di Selayo. Ini adalah bentuk penghormatan dari kami, Niniak Mamak Selayo, kepada beliau,” ujar Satia dalam acara tersebut, Rabu (16/10/2024).

Satia juga menegaskan bahwa penyambutan ini adalah bukti nyata harapan masyarakat Selayo terhadap kepemimpinan Mahyeldi di masa mendatang.

Masyarakat Selayo berharap Mahyeldi dapat kembali melanjutkan kepemimpinannya dan membawa perubahan yang lebih baik bagi Sumatera Barat.

“Dengan penyambutan yang meriah ini, terbukti bahwa orang Selayo masih bersama Buya Mahyeldi untuk dipercaya kembali memimpin Sumbar lima tahun yang akan datang,” tegas Satia.

Lebih lanjut, Satia menambahkan bahwa Niniek Mamak dan tokoh masyarakat Selayo akan berupaya keras untuk menggalang dukungan bagi Mahyeldi dalam pemilihan mendatang.

“Antusiasme masyarakat Nagari Selayo ini diharapkan menjadi langkah awal yang baik dalam perjuangan Mahyeldi menuju periode kedua sebagai Gubernur Sumatera Barat,” katanya.

Mahyeldi yang turut hadir dalam acara tersebut menyambut baik dukungan dari masyarakat Solok, terutama di Nagari Selayo.

“Semoga dukungan yang kami terima dari masyarakat Solok merupakan langkah awal perjuangan kita untuk pembangunan Sumbar lebih maju,” ungkap Mahyeldi.

Ia pun berjanji akan memperjuangkan aspirasi masyarakat yang diterimanya selama masa kampanye ini, bersama pasangannya Vasko.

“Insya Allah kepercayaan ini, dan berbagai masukan serta aspirasi masyarakat, termasuk di Solok, akan menjadi catatan penting bagi kami untuk menentukan kebijakan, jika terpilih kembali,” pungkasnya. (mat)