Riau  

Patroli Besar Polda Riau Sukses Amankan Kota Selama Rangkaian Pelantikan Presiden

PEKANBARU – Patroli skala besar yang digelar Polda Riau untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama rangkaian pelantikan Presiden dan Wakil Presiden baru sukses digelar, Minggu (21/10/2024).

Hasilnya, Bumi Lancang Kuning terpantau kondusif.

Informasi yang berhasil dihimpun, Patroli Skala Besar itu melibatkan puluhan kendaraan taktis dan personel gabungan dari berbagai satuan.

Beberapa armada yang dikerahkan antara lain 1 unit kendaraan taktis Brimob, 4 unit mobil patroli Ditlantas, 2 unit double cabin patroli Samapta, 10 unit sepeda motor Kawasaki Brimob, serta 5 unit sepeda motor patroli Ditsamapta.

Tak hanya itu, Polda Riau juga mengerahkan 1 unit kendaraan penjinak bom (Jibom) Gegana, 2 unit mobil patroli Ditpamobvit, 3 unit bus Brimob, 2 truk Dalmas, 1 unit bus Samapta, serta 1 unit mobil patroli Propam.

Rute Patroli dan Sasaran Objek Vital

Rute patroli meliputi sejumlah sentra ekonomi dan objek vital di Pekanbaru, dengan metode patroli dialogis, stop and go, serta show of force untuk menunjukkan kekuatan pengamanan.

Beberapa jalur yang dilalui antara lain Jalan Pattimura – Diponegoro – Sudirman – Samsat, Gelanggang Remaja – Pasar Pagi Arengka – Tabek Gadang – Tugu Selendang dan kawasan Riau Ujung.

Karo Ops Polda Riau, Kombes Pol Ronny Lumban Gaol, menjelaskan bahwa patroli ini merupakan bagian dari Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) untuk mengantisipasi potensi gangguan keamanan menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

“Patroli ini bertujuan menciptakan kondisi yang tertib dan lancar selama rangkaian acara pelantikan, serta memberikan rasa nyaman kepada masyarakat,” jelasnya.

Pesan Kamtibmas dan Tertib Prosedur

Kombes Pol Ronny juga mengimbau seluruh personel yang terlibat dalam patroli agar selalu memprioritaskan keselamatan di jalan dan menjalankan tugas sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku.

Selain itu, para petugas juga diberikan arahan untuk menyampaikan pesan-pesan cooling system kepada masyarakat, mengajak partisipasi dalam menjaga situasi damai dan kondusif.

“Patroli ini diharapkan mampu mencegah tindak kejahatan, menjaga ketertiban, serta meningkatkan kewaspadaan dan hubungan antara masyarakat dengan kepolisian. Ini juga menjadi bagian dari upaya kita meningkatkan kemampuan tanggap darurat,” pungkasnya.(*)