Survei Voxpol; 80,3 Persen Masyarakat Sumbar Ingin Mahyeldi Lanjut jadi Gubernur

Mahyeldi-Vasko

Padang – Sebanyak 80,3 persen masyarakat Sumatera Barat (Sumbar) diyakini kembali menginginkan Mahyeldi untuk kembali memimpin provinsi tersebut bersama Vasko Ruseimy untuk periode 2024-2029.

Hal tersebut terungkap dari hasil survei tertutup Voxpol Center Research and Consulting yang digelar dari tanggal 7 hingga 16 Oktober 2024.

Pada survei tersebut, 80,3 persen masyarakat kembali menginginkan Mahyeldi menjadi Gubernur Sumatera Barat periode 2024-2029 didampingi Vasko Ruseimy.

“Berdasarkan hasil survei yang kita lakukan, sebanyak 80,3 persen masyarakat menginginkan Mahyeldi kembali memimpin Sumbar ke depan. Dari jumlah itu hanya 13,8 persen yang ingin kepemimpinan Sumbar berganti,” kata CEO Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, Selasa (22/10/2024).

Dari jumlah tersebut, sebanyak 26,3 persen menyatakan sangat setuju Mahyeldi kembali memimpin Sumbar dan 54 persen menyatakan setuju. Sementara tidak setuju sebenyak 12,8 persen responden dan hanya 1 persen yang sangat tidak setuju.

Ia menyebut keinginan masyarakat Sumbar yang tercermin dari hasil survei itu sejalan dengan elektabilitas pasangan Mahyeldi-Vasko dari hasil survei terbuka Voxpol.

“Hasil survei dari 800 orang responden yang tersebar pada 19 kabupaten dan kota di Sumbar, menunjukkan elektabilitas pasangan Calon Gubernur Sumatera Barat nomor urut 1, Mahyeldi-Vasko Ruseimy jauh meninggalkan pesaingnya Epyardi Asda-Ekos Albar,” katanya.

Elektabilitas Mahyeldi-Vasko, kata Pangi, jika Pilgub digelar hari ini mencapai 70,3 persen sementara elektabilitas pesaing mereka, Epyardi Asda-Ekos Albar hanya 16,8 persen. Dari jumlah 800 responden, 13 persen diantaranya menyatakan tidak tahu atau belum menentukan pilihan.

“Popularitas dan elektabilitas Mahyeldi-Vasko itu sangat linear dengan tingkat keterkenalan dan rasa suka dari pemilih,” katanya.

Sosok Mahyeldi dikenal oleh 88, 8 persen pemilih dan disukai oleh 78,8 persen. Sosok Vasko Ruseimy secara mengejutkan juga telah dikenal oleh 61,4 persen dan disukai oleh 53,1 persen pemilih.

Kemudian, tingkat keterkenalan dan rasa suka pemilih terhadap Vasko ternyata lebih tinggi dari Epyardi Asda yang menjadi calon gubernur pesaingnya.

Sosok Epyardi Asda berdasarkan survei Voxpol hanya dikenal oleh 51,1 persen pemilih dan disukai 36,9 persen. Sedangkan wakilnya Ekos Albar lebih rendah lagi, hanya dikenal 39 persen responden dan disukai oleh 29,0 persen.