Agam  

Surau Ka’bah Sarana Bertemu Pak Benni Warlis

Oleh : Maswir Chaniago (Wartawan Singgalang)

Surau ka’ bah Islamic center yang berlokasi di jorong Surau Lauik Nagari Panampuang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam, semenjak diresmikan beberapa waktu lalu oleh gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi Ansharullah tak pernah sepi oleh pengunjung.

Surau dengan arsitek menyerupai Ka’bah itu dibangun di atas tanah berukuran 15×15 meter bujur sangkar itu berlantai 2. Lantai 1 tempat shalat dan ceramah agama, sementara lantai 2 digunakan sebagai tempat acara atau pertemuan. Bagian atas surau tidak menggunakan atap sebagaimana bangunan surau atau masjid, tapi ha ya dengan coran.

Sekeliling bangunan bagian luar diberi cat warna hitam dan dihiasi dengan tulisan kaligrafi berwarna kuning emas. Kaligrafi dibuat langsung oleh juara nasional MTQ cabang khat atau kaligrafi. Kalau kita sudah berada di lokasi surau Ka’bah serasa kita berada di depan Ka’bah yang ada di .asjidil haram Makkah Al Mukarramah.

Dengan dibangunnya surau Ka’bah oleh Bapak Ir. H. Benni Warlis, MM., Dt. Tan Batuah menjadikan salah satu kepuasan bagi masyarakat atau jamaah yang sudah menyempatkan diri bersama keluarga, kelompok dan rombongan datang ke sana.

Akses jalan menuju surau ka’bah sangat mendukung. Kalau anda dari arah Bukittinggi sampai di simpang Biaro lalu belok kiri, sementara dari arah Payakumbuh sampai di simpang Biaro belok kanan. Dari simpang Biaro jalan lurus atau Utara. Sekitar 3 km anda akan sampai di perempatan jalan dekat kantor Walinagari Panampuang, anda akan melihat plang merek MTsN 8 Agam sebelah kanan, dan anda langsung belok kanan menuju MTsN 8 Agam. Sekitar 500 meter dari simpang Panampuang itu anda akan bertemu langsung dengan surau Ka’bah yang berada di sebelah kiri jalan raya dengan area parkir yang luas.

Satu hal yang membuat hati jamaah atau pengunjung lega dan gembira, yaitu dapat bertemu langsung dengan Bapak Ir. H. Benni Warlis. MM., Dt. Tan Batuah selaku owner atau pemilik surau Ka’bah yang juga calon bupati Agam 2025-2030 dengan nomor urut 2 yang berpasangan dengan Bapak Muhammad Iqbal.

“Kami bukan hanya dapat bertemu dan bercanda ria dengan Bapak Benni Warlis yang ramah dan mudah senyum itu, tapi kami juga bisa shalat Dzuhur berjamaah yang dimami beliau sendiri. Selesai shalat Dzuhur berjamaah, Pak Benni pun langsung memberikan siraman rohani melalui ceramah beliau. Pak Benni memang calon bupati Agam yang multi pengetahuan dan keterampilan. Beliau adalah birokrat senior di Sumatera Barat, mubaligh, sosok yang sangat mengerti di bidang pertanian, komisaris utama bank nagari serta kemampuang lainnya. Jadi sangat tepat kalau kita .asyarakst Agam memilih Pak Benni sebagai bupati Agam melalui Pilkada yang akan digelar 27 November mendatang. Jangan ragu, pilihlah calon bupati Agam dengan nomor urut 2,”ungkap ibuk-ibuk dari Nagari Pakan Sinayan VI Suku Kecamatan Kamang Magek, Tanjung Raya dan Tilatang Kamang.

Dan satu hal lagi yang jarang dimiliki oleh pemimpin Agam, Pak Benni malah tanpa kita minta komentarnya langsung memberikan pencerahan kepada pengunjung Surau Ka’bah sesuai profesi masing-masing. Kami akan atur jadwal untuk datang kembali ke surau Ka’bah,”kata ibuk-ibuk itu dengan penuh kepuasan.

Kalau dicari waktu bertemu dengan Pak Benni Warlis mungkin agak sulit karena kesibukan beliau menjelang Pilkada. Tapi kalau datang berkunjung ke surau Ka’bah untuk wisata religi hari Minggu dipastikan bisa bertemu dengan beliau. Karena Pak Benni sengaja mengisi kegiatan setiap hari Minggu di surau ka’bah. Semoga…(*).