Hukum  

Aksi Pencurian Kotak Amal di Masjid Baiturrahman Terekam CCTV

BUKITTINGGI – Dua pencuri menggasak kotal amal di Masjid Baiturrahman Balai Panjang Jorong III Kampung Nagari Gadut Kecamatan. Tilatang Kamang, Selasa (25/12) dini hari. Aksi pelaku terekam oleh CCTV milik salah satu rumah warha dekat masjid tersebut

Berdasarkan hasil rekaman CCTV itu pelaku datang sekitar pukul 03.00 Wib dengan menggunakan mobil. setelah turun dari mobil pelaku langsung menuju pekarangan Masjid untuk memantau keadaan di sekitarnya.

Sekitar setengah jam kemudian, satu orang pelaku berlari menuju mobil, terlihat menjinjing bungkusan plastik putih berisi penuh uang.

Sementara di belakangnya, pelaku kedua juga membawa bungkusan plastik tapi isinya tidak penuh. Setelah itu, kedua pelaku masuk mobil diduga jenis Avanza dan meluncur menuju arah Pakan Kamih.

Diduga pelaku beraksi berjumlah tiga orang. Dua orang pelaku merupakan eksekutor dan satu pelaku sebagai sopir yang stemby di dalam mobil.

Wakil Ketua Masjid Baiturahman Paruhun Nasution mengatakan, pelaku masuk ke dalam masjid melalui jendela dengan cara mencongkelnya. Kemudian pelaku menuju kotak amal yang berukuran cukup besar di dekat pintu masuk mesjid.

“Pelaku berhasil membongkar dua buah kunci gembok dan mengambil uang mesjid untuk wakaf, infak, anak yatim, TPSA dan uang MDA. Akibat peristiwa tersebut kerugian diperkirakan Rp10 juta hingga Rp15 juta,” katanya.

Saat ini kasus pencurian ditangani Satreskrim Polresta Bukittinggi. (gindo)