Padang  

Dinas Pendidikan Dharmasraya Gelar KOSN Cabang Karate dan Pencak Silat

Peserta KOSN ketika menampilkan seni beladiri silat. ( roni aprianto )

PULAU PUNJUNG – Dinas Pendidikan Dharmasraya gelar Kompetisi Olahraga Siswa Nasional ( KOSN) tahun 2021 untuk cabang olahraga karate dan silat. Kegiatan yang digelar selama dua hari, 9 dan 10 Juni ini dipusatkan di lapangan Putsal Lawai, Kenagarian Gunung Medan, Kecamatan Sitiung.

Menghadirkan dewan juri, untuk silat dan Pengcab IPSI Dharmasraya, juri Karate dari Pengcab PORKI Dharmasraya.

Kepala Dinas Pendidikan Dharmasraya, Marius, S.Pd saat membuka KOSN mengatakan, kompetisi ini diikuti oleh pelajar tingkat SD dan SMP yang berasal dari 11 Kecamatan yang ada diwilayah Dharmasraya. Masing- masing kecamatan mengutus dua orang yakni, 1 perempuan dan 1 laki.

” KOSN ini gelar guna melahirkan atlit- atlit yang mampu bersaing dan berprestasi ditingkat kabupaten hingga nasional,” terang Marius.

Lanjut Marius, peserta yang mengikuti KOSN saat ini merupakan atlit terbaik yang telah mengikuti beberapa tahapan seleksi dari masing- masing sekolah ( Wilayah). Peserta KOSN merupakan harapan dari semua wilayah dari beberapa SD dan SMP yang ada di Dharmasraya ini.

” Siapapun nantinya yang menjadi juara janganlah merasa puas dulu. Begitu pula yang belum berhasil jangan berkecil hati karena masih banyak kesempatan dilain waktu. Mudah- mudahan bagi peserta yang juara bisa menjadi terbaik ditingkat nasinonal. Bagi juara 1, 2, dan 3 bakal dipersiapkan untuk mengikuti babak penyisihan KOSN tingkat nasional yang akan dilaksanakan secara virtual, dan bagi peserta yang masuk 10 besar tingkat nasional bakal diberikan reward,” pungkasnya.

Kepala Bidang Dikdas, Syukri, Dinas Pendidikan setempat didampingi Kasi Peserta Didik dan Pendidikan Karakter, Hendri Yamtiko Jati menambahkan, dalam KOSN ini para peserta menampilkan keindahan gerakan- gerakan seni bela diri silat dan karate.

“Para peserta menampilkan keindahan gerakan, ketepatan gerakan, dan ketepatan waktu yang ditentukan. Inilah yang mejadi penilai tim juri untuk menentukan yang terbaik,” katanya.

Lanjut Syukri, salah satu tujuan dilaksanakan KOSN adalah untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam penguasaan bidang olahraga silat dan karate serta memiliki nilai-nilai luhur. Saling menghormati, menghargai, bersahabat, keunggulan orang lain, bersahabat serta sportif.

” Seni beladiri silat merupakan warisan nenek moyang kita yang harus dilestarikan, dan silat merupakan seni beladiri yang berasal dari cina yang juga sangat digemari banyak kalangan. Alhamdulillah meski masih dalam suasana pandemi Covid- 19, KOSN masih bisa dilaksanakan dengan protokol kesehatan,” pungkasnya. ( roni )